Sabtu, 08 September 2018

RESEP ISTIMEWA PECEL MADIUN KOMPLIT YANG ENAK DAN LEZAT

Indonesia memiliki kekhasan kuliner. Salah satunya adalah Pecel Madiun yang sangat lezat dan segar. Hidangan ini tak hanya bisa dinikmati di hari biasa sebagai variasi menu tetapi juga bisa dijadikan salah satu menu ketika Anda mengadakan suatu acara besar seperti tasyakuran, reuni keluarga, arisan, ataupun pengajian. Bahkan, banyak orang lebih menyukai menu pecel yang sangat segar ini dibandingkan dengan berbagai hidangan dengan bahan dasar daging ataupun masakan dengan santan kental. Untuk menghidangkan menu nasi pecel Madiun tidaklah sulit. Anda bisa mencoba Resep Pecel Madiun Kompilt yang lezat dan nikmat ini. Kunci sukses dari kenikmatan dan kelezatan hidangan pecel adalah terletak pada sambal kacang khas pecel. Meski demikian, bila Anda mengikuti resep ini, Anda akan mendapatkan sambal kacang spesial untuk siraman menu pecel dengan citarasa istimewa khas Pecel Madiun.

Siapa yang tidak mengenal salah satu kuliner khas Jawa ini? ya, mungkin hampir semua orang telah mengenal apa yang namanya pecel. Pecel merupakan kuliner dengan menyajikan berbagai sayuran dengan sambal khusus. Pecel Madiun memang sangat terkenal meskipun sebenarnya pecel ini tak jauh berbeda dengan berbagai pecel lainnya. Anda bisa menemukan banyak warung makan yang menyediakan menu ini sebagai menu unggulan. Meski demikian, Anda juga bisa menghidangkan menu ini untuk jamuan makan bersama keluarga besar ataupun saat arisan.

Bahan untuk Membuat Nasi Pecel Spesial

Resep berikut ini untuk hidangan nasi pecel dalam porsi besar, sangat cocok untuk hidangan saat temu keluarga, arisan, ataupun lainnya. Anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

nasi putih sebanyak 6000 gram
toge 800 gra
kacang panjang 800 gram yang dipotong-potong
kangkung 1000 kg siangi
6 buah mentimun segar yang dikupas dan potong-potong sesuai selera bisa berbentuk bulat ataupun kecil-kecil
daun kemangi satu ikat yang diambil daunnya
Bahan sayur seperti kacang panjang, taoge, dan daun kenikir direbus hingga matang kemudian ditiriskan.

Untuk membuat sambal pecel, Anda perlu menyiapkan bahan seperti:

kacang tanah goreng sebanyak 1400 kg
gula merah 500 gram
garam tujuh sendok teh
1400 ml air matang hangat
Anda tentu juga membutuhkan bumbu halus. Bumbu yang akan dihaluskan antara lain:

cabai Rawit 300 gram
Cabe Keriting 200 gram
daun jeruk yang telah dibuang tulangnya sebanyak 20 lembar
kencur 30 gram
bawang putih 250 gram
cabai rawit 30 gram

Seluruh bahan bumbu dihaluskan. Kacang tanah yang telah digoreng juga dihaluskan. Kemudian campurkan kacang tanah halus dengan bumbu halus, garam, gula merah dan air asam Jawa. Untuk memudahkan dalam mencampur, Anda tambahkan air matang hangat sedikit demi sedikit. Anda atur kekentalannya sesuai dengan selera. Sambal kacang untuk pecel Madiun telah siap.

Setelah sayuran dan sambal kacang siap, Anda bisa mulai menyajikan nasi Pecel Madiun. Anda siapkan piring saji dengan nasi. Kemudian atur sayuran yang telah direbus di atas nasi dan siram dengan sambal pecel. Anda tambahkan dengan pelengkap yaitu mentimun segar dan daun kemangi. Untuk menambah kenikmatan nasi pecel spesial tersebut, Anda bisa menambahkan dengan rempeyek kacang ataupun krupuk.

Untuk mengolah resep Pecel Madiun spesial ternyata sangat mudah. Bila Anda membutuhkan hidangan nasi pecel komplit, Anda bisa menambahkan dengan beberapa lauk seperti empal daging ataupun ayam goreng, mie goreng dengan bumbu kecap, serta lauk khas Madiun berupa entho-entho. Entho-entho ini terbuat dari singkong yang diparut halus dan ditiskan kemudian dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, garam, dan cabai rawit. Keunikan dari entho-entho adalah dengan menambahkan sedikit tempe masam (tempe yang telah lewat usia dan berwarna kehitaman).

Anda bisa membuat kreasi dengan menambahkan beraneka lauk untuk menyempurnakan kenikmatan nasi pecel Madiun. Anda juga bisa menghidangkan nasi pecel bersama tempe goreng hangat ataupun bakwan jagung yang krispi dan gurih.

Bagi anda yang penasaran dengan rasa sambel pecel istimewa ini silakan hubungi kami , Sambel Pecel Mbah Danoen,sambel khas rasa warisan.
Kami juga menerima pesanan untuk pesta pernikahan,oleh-oleh maupun partau kecil..

KENIKMATAN ANDA KEPUASAN KAMI